Tuesday, July 21, 2009

VW akan memperketat persaingan dalam industri perakitan mobil di Indonesia

JAKARTA -- Volkswagen AG, produsen otomotif terbesar Eropa akan menanamkan modalnya di Indonesia senilai 140 juta dolar AS dalam dua tahun ke depan untuk membangun pabrik di Indonesia. Menyusul pulihnya ekonomi global yang diharapkan dapat mendongkrak daya beli masyarakat.

Menurut Ketua BKPM, Muhammad Luthfi, pabrik mobil Jerman ini akan membangun pabrik yang mampu memproduksi 50 ribu unit kendaraan jenis multi purpose vehicle (MPV) Touran. Pemerintah akan memfasilitas insentif pajak kepada Volkswagen, kata Luthfi tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Bagi Volkswagen membangun kendaraan jenis MPV dinilai 30 persen lebih murah dibanding negara Asia Tenggara lainnya karena adanya keringanan pajak pemerintah. Pabrik mobil yang bermarkas di Wolfsburg ini juga mengembangkan bisnisnya di Cina dan India sebagai pengganti pasar di Eropa dan AS yang lesu akibat krisis. ''Volkswagen adalah merek global yang akan tampil di negara ini. Ini sangat penting,'' kata Luthfi dikutip Bloomberg.

Sebelumnya pada 11 Mei silam, Volkswagen akan menggunakan pabrik di Indonesia sebagai pusat produksinya untuk memenuhi pasaran otomotif di Asia tenggara. Namun, Mathilda Rinta, juru bicara Volkswagen Indonesia tidak memberikan komentar terkait hal itu.

Volkswagen juga akan menanamkan modal 776 juta dolar AS dengan mitra lokal untuk mengembangkan pabriknya. Bila Maret lalu, Volkswagen telah membuka pabriknya senilai 580 juta Euro di India. Salah satu unit usaha Volkswagen, Lamborghini SpA telah membuka sebuah dilernya awal tahun ini setelah Indonesia tercatat mencapai rekor penjualan mobil 607.805 unit tahun lalu.

Sebelum Touran, Toyota Motor Corp. telah melansir Toyota Kijang yang telah hilir mudik di tanah air sejak 1977. Belakangan Honda Motor Co. juga tidak mau ketinggalan dengan menampilkan Honda Freed beberapa waktu lalu.

Menurut Lembaga Moneter Internasional (IMF) Ekonomi Indonesia akan berkembang di kisaran 4 persen tahun ini. Jumlah itu tertinggi di Asia setelah India dan Cina. hir/ahi

(www. republikaonline.co.id)

VW akan memperketat persaingan dalam industri perakitan mobil di Indonesia

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

1 comment:

  1. Semoga industri otomotif Indonesia semakin berkembang dan tumbuh untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan menghasilkan produk mobil keluarga ideal terbaik Indonesia

    ReplyDelete

Follow Us

About Me

My photo
I live far away from real world, livin' in dream. I love sleeping. My last record, I'm sleeping for about 36hr (not eat, not p''...No Way!!)Just kidding. I'm so childish (also had babyface appearance) n too shy. Now I'm learning photoshop CS for this blog. Wish Me Luck!

About Us

Followers

Like Us

LINK EXCHANGE



Copy my link below, give message on comment, I'll link u back

Lovely VW Beetle

© LOVELY VW BEETLE All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates